Beranda » Info Wisata » Jalan-Jalan Ke Tempat Wisata? Lebih Baik Pakai Kendaraan Pribadi atau Umum

Banyak orang yang cukup kesulitan memilih antara kendaraan umum atau pribadi pada saat liburan. Ada yang berpendapat lebih baik pakai kendaraan pribadi, namun tak sedikit pula yang berpikir sebaliknya. Nah, berikut ini beberapa plus minus antara menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum saat liburan yang mungkin bisa membantu Anda untuk memutuskan lebih mudah.

Kendaraan Pribadi

Ada beberapa kelebihan menggunakan kendaraan pribadi saat berjalan-jalan ke tempat wisata. Yang pertama, tentu saja perjalanan menjadi lebih nyaman karena Anda menaiki kendaraan yang memang sudah sering digunakan sehari-hari. Anda pun lebih bebas mengatur posisi selama perjalanan, bisa berbincang dengan nyaman bersama keluarga atau teman, serta bebas membawa banyak barang sekaligus.

Kelebihan lain dari menggunakan kendaraan pribadi saat berwisata adalah Anda bisa lebih fleksibel mengatur waktu perjalanan. Kapan pun diinginkan, Anda bisa berhenti untuk bersantap atau melakukan ibadah. Anda juga lebih mudah mampir ke tempat menarik yang dijumpai dalam perjalanan meski belum membuat rencana sebelumnya.

Namun ada pula beberapa kekurangan dari mengendarai kendaraan pribadi saat liburan. Pertama, Anda harus mencari rute sendiri. Untuk yang tidak terbiasa bepergian jauh, hal ini tentu cukup merepotkan dan bisa jadi Anda justru tersesat. Ke dua, Anda juga lebih lelah karena harus menyetir sendiri dan bisa jadi justru kurang menikmati perjalanan.

Kendaraan Umum

Bagi Anda yang lebih ingin menikmati perjalanan tanpa harus lelah menyetir, kendaraan umum  bisa jadi pilihan terbaik. Ada begitu banyak jenis transportasi umum yang bisa dipilih. Kereta api, bus malam, dan pesawat cocok untuk perjalanan jauh dengan jarak tempuh yang tinggi. Sedangkan angkutan umum, bus dalam kota, taksi, atau rental mobil plus driver / rental motor bisa jadi pilihan jika lokasi wisata yang Anda tuju tidak terlalu jauh.

Dengan menaiki kendaraan umum, Anda tidak perlu khawatir tersesat karena sang sopir akan langsung mengantarkan sampai ke tempat tujuan. Selain itu, naik kendaraan umum juga memungkinkan Anda untuk lebih santai menikmati pemandangan sepanjang perjalanan ke lokasi wisata yang dituju.

Di sisi lain, ada beberapa kelemahan jika memilih kendaraan umum saat liburan. Faktor biaya tentu menjadi pertimbangan utama, terlebih lagi jika Anda merencanakan perjalanan super hemat. Selain itu, Anda juga tidak bisa mengukur waktu dengan baik karena jadwal transportasi umum seringkali berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya. Anda juga mungkin tidak nyaman jika harus berdesakan dengan penumpang lainnya. Membawa banyak barang pun lebih susah jika menaiki kendaraan umum.

Lebih baik pakai kendaraan umum atau kendaraan pribadi memang tergantung dari kebutuhan dan juga karakter Anda. Ada yang merasa bisa lebih menikmati perjalanan jika naik transportasi umum, namun banyak juga yang menganggap liburan lebih menyenangkan dengan kendaraan pribadi.

Mumpung musim liburan belum tiba, Anda masih punya waktu untuk mempetimbangkan kedua opsi tersebut dan membandingkan mana yang memiliki lebih banyak keunggulan. Yang terpenting, diskusikan dengan rekan seperjalanan sehingga suasana liburan akan jadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Semoga berguna.

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.